21 September 2008

Persiapan Rekaman

Semakin banyaknya band-band indie di daerah maka semakin banyak pula karya-karya lagu mereka yang perlu di dokumentasikan
salah satu caranya yaitu denagan merekamnya baik itu dalam bentuk kaset pita atau cd, bisa juga disimpan dalam media yang lain seperti ipod, hp, dll.
intinya suatu karya lagu itu direkam untuk kemudian disimpan dan didengarkan.
Buat temen-temen band khususnya di Bumiayu dan sekitarnya mungkin sudah tak asing lagi dengan dunia rekaman, buat band yang baru dan belum pernah merekam lagunya mungkin perlu sedikit belajar dan menyesuaikan denagan situasi rekaman. Tak ada salahnya kita bahas kembali hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan proses perekaman sehingga prosesnya menjadi lebih efektif dan efisien, karena sering kali sebuah grup band kurang persiapan sehingga menghambat jalannya proses perekaman, dan akhirnya akan menambah jumlah dana yang harus dikeluarkan karena waktunya jadi semakin panjang.

Lagu
Yang pertama adalah persiapan materi lagu dengan musiknya, usahakan lagu dan musiknya sudah benar-benar paten tidak ada yang dirubah-rubah lagi baik itu intro,syair, melody, dll.
Yang sering terjadi biasanya adalah improvisasi saat perekaman karena kurang siap dalam membuat aransemen musiknya.
Ambil nada dasar yang tepat untuk vocalis jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah yang akhirnya akan menyulitkan si vocalis. Bagaimana mau menjiwai lagu kalau untuk bernyanyi saja dia sudah tak nyaman jadi ambil nada dasar senyaman mungkin buat si vocalis.

Instrument
Kedua persiapan instrumen, instrumen apa saja yang akan dipakai gitar, bas, drum, keyboard, atau alat musik yang lain, biasanya studio band hanya menyiapkan alat yang standar saja untuk alat musik yang lebih khusus sebaiknya di persiapkan sendiri. Persiapan skill tentunya sangat mempengaruhi hasil rekaman dan juga waktu yang dihabiskan. Sebagai pemain band jangan malas berlatih untuk menjadi mahir sehingga akan mempermudah dalam penggarapan lagunya
termasuk dalam memperoleh hasil sound yang didapat nanti, masing-masing anggota band terutama yang akan mengisi saat perekaman paling tidak harus mengerti tentang ketukan karena dalam prosesnya nanti akan digunakan metronome sebagai patokan temponya.
Perhatikan juga dalam pemilihan tempo lagu agar pas dengan tempo yang diinginkan jangan sampai pas di tengah-tengah proses perekaman merasa kurang cepat atau terlalu cepat karena setelah direkam kemudian dirubah temponya maka akan mempengaruhi kwalitas audio yang keluar.

Studio
Cari studio yang menurut kita adalah yang terbaik dalam arti dari segi tekns dan dari segi anggaran. Sebelumnya survai dulu ke studio-studio yang dianggap baik kalo bisa minta tolong di perdengarkan hasil dari rekaman dari studio itu untuk gambaran sampai sejauh mana kwalitas audio yang dihasilkan. Kemudian cari info juga berapa biaya untuk rekaman biasanya studio menggunakan tarif per sift ada yang satu sift 3 jam ada juga yang 4 jam tergantung masing-masing studio. Tanyakan sebanyak mungkin hal2 yang dapat membantu proses perekaman agar hasil yang di capai adalah yang terbaik dengan dana yang hemat.
Selamat berkarya.

Tidak ada komentar:

BUMIAYU DALAM GAMBAR

BUMIAYU DALAM GAMBAR

galeri band

galeri band
aksi SQ band

adhyech

adhyech
sang gitaris

ipeng in action

ipeng in action
ipeng

rame rame

rame rame
narcis dikit booooo

Maldy n jibon bassist n guitaris DRDC

Bimo bukan musisi tapi seniman udah pasti, berkecimpung di dunia seni rupa jadi pilihannya bukannya ga pas sama judul blognya tapi kayanya seni rupa juga perlu di tampung disini dari pada ga ada yang nampung hehehehe (becanda...) salah satu milik Bumiayu ini berkecimpung di dunia seni rupa sudah lumayan lama, karya yang sempat di expose di salah satu tv swasta adalah ukiran batunya. Mau kenal lebih dekat dengan dia datang aja ke indra musik studio soalnya bimo sering nongkrong disitu, buat temen2 seni rupa yang lain boleh kok ikut gabung juga. MERDEKA!!!

Aria band

limitz band

SQ Band bareng uci n mahrul

temen-temen band

SQ Band bareng hanna